Lewati ke konten
  • BERANDA
  • PROFIL PENGADILAN
    • MENU PROFIL PENGADILAN AGAMA BANTAENG
  • INFORMASI UMUM
    • STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
    • PROGRAM KERJA
    • LAPORAN TAHUNAN
  • KEPANITERAAN
    • ECOURT
    • PROSEDUR BERPERKARA
    • BIAYA PERKARA
    • HAK POKOK DAN TATA TERTIB
    • MEDIASI
    • DAFTAR PERKARA GHAIB
    • LEMBAGA POSBAKUM DI PA BANTAENG
    • BERPERKARA TANPA BIAYA
    • LAPORAN PENGGUNAAN KEUANGAN BIAYA PERKARA
    • PENGEMBALIAN SISA PANJAR
    • BIAYA RADIUS PERKARA
    • PEDOMAN PENGELOLAAN KEPANITERAAN
  • KESEKRETARIATAN
    • PROFIL PEGAWAI
      • PROFIL DATA PEGAWAI
      • STATISTIK PEGAWAI
    • DIPA
    • NERACA KEUANGAN
    • CALK
    • ASSET DAN INVENTARIS
    • LAPORAN REALISASI ANGGARAN
    • LKJIP
    • UPT KESEKRETARIATAN
    • PEDOMAN PENGELOLAAN KESEKRETARIATAN
    • STATISTIK PENGUNJUNG
  • LAYANAN PUBLIK
    • STANDARD MAKLUMAT LAYANAN
    • SOP LAYANAN PUBLIK
    • TIM PETUGAS LAYANAN
    • JAM LAYANAN
    • FASILITAS PELAYANAN
    • PPID || INFORMASI
    • PENGADUAN
    • PENGAWASAN
    • PROSEDUR EVAKUASI
  • PUBLIKASI
    • ARSIP BERITA
    • ARSIP PENGUMUMAN
    • ARSIP ARTIKEL
    • ARSIP PENELITIAN
    • ARSIP MULTIMEDIA
    • MAJALAH PERADILAN
    • MOU DENGAN PIHAK KETIGA
    • PRESTASI
  • INFO LAINNYA
    • INOVASI MANDIRI
    • PPID PA BANTAENG
  • BERANDA
  • PROFIL PENGADILAN
    • MENU PROFIL PENGADILAN AGAMA BANTAENG
  • INFORMASI UMUM
    • STANDARD OPERATIONAL PROCEDURE
    • PROGRAM KERJA
    • LAPORAN TAHUNAN
  • KEPANITERAAN
    • ECOURT
    • PROSEDUR BERPERKARA
    • BIAYA PERKARA
    • HAK POKOK DAN TATA TERTIB
    • MEDIASI
    • DAFTAR PERKARA GHAIB
    • LEMBAGA POSBAKUM DI PA BANTAENG
    • BERPERKARA TANPA BIAYA
    • LAPORAN PENGGUNAAN KEUANGAN BIAYA PERKARA
    • PENGEMBALIAN SISA PANJAR
    • BIAYA RADIUS PERKARA
    • PEDOMAN PENGELOLAAN KEPANITERAAN
  • KESEKRETARIATAN
    • PROFIL PEGAWAI
      • PROFIL DATA PEGAWAI
      • STATISTIK PEGAWAI
    • DIPA
    • NERACA KEUANGAN
    • CALK
    • ASSET DAN INVENTARIS
    • LAPORAN REALISASI ANGGARAN
    • LKJIP
    • UPT KESEKRETARIATAN
    • PEDOMAN PENGELOLAAN KESEKRETARIATAN
    • STATISTIK PENGUNJUNG
  • LAYANAN PUBLIK
    • STANDARD MAKLUMAT LAYANAN
    • SOP LAYANAN PUBLIK
    • TIM PETUGAS LAYANAN
    • JAM LAYANAN
    • FASILITAS PELAYANAN
    • PPID || INFORMASI
    • PENGADUAN
    • PENGAWASAN
    • PROSEDUR EVAKUASI
  • PUBLIKASI
    • ARSIP BERITA
    • ARSIP PENGUMUMAN
    • ARSIP ARTIKEL
    • ARSIP PENELITIAN
    • ARSIP MULTIMEDIA
    • MAJALAH PERADILAN
    • MOU DENGAN PIHAK KETIGA
    • PRESTASI
  • INFO LAINNYA
    • INOVASI MANDIRI
    • PPID PA BANTAENG

KETUA PENGADILAN AGAMA BANTAENG HADIRI KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PENYELESAIAN PERKARA ELEKTRONIK DI MAKASSAR

Makassar, 31 Juli 2025 – Ketua Pengadilan Agama Bantaeng, Amirullah Arsyad, S.H.I., M.H. menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penyelesaian Perkara Elektronik yang diadakan oleh Panitera Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton Makassar pada hari Kamis, 31 Juli 2025.

Acara ini dihadiri oleh seluruh pimpinan satuan kerja dari empat lingkungan badan peradilan di wilayah Sulawesi Selatan, yang mencakup Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), serta Pengadilan Militer. Kegiatan Monev ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penyelesaian perkara secara elektronik, yang telah diterapkan dalam sistem peradilan Indonesia, guna mempermudah akses keadilan bagi masyarakat.

Amirullah Arsyad, S.H.I.,M.H. dalam kesempatan tersebut, menyampaikan pentingnya transformasi digital dalam dunia peradilan, khususnya di Pengadilan Agama. “Dengan adanya sistem penyelesaian perkara elektronik, diharapkan dapat mempercepat proses pengadilan serta meminimalkan potensi birokrasi yang berlarut-larut,” ujarnya. Selain itu, Ketua Pengadilan Agama Bantaeng juga menekankan perlunya pelatihan dan penguatan kapasitas SDM dalam penggunaan teknologi untuk mendukung sistem peradilan yang transparan dan efisien.

Kegiatan Monev ini juga diisi dengan berbagai sesi diskusi dan presentasi yang membahas berbagai kendala serta solusi dalam penerapan perkara elektronik, serta perkembangan teknologi yang terus berubah dan mempengaruhi operasional pengadilan. Peserta juga diajak untuk berbagi pengalaman terkait implementasi sistem ini di masing-masing daerah.

Panitera Mahkamah Agung, Dr. Heru Pramono, S.H., M.H. yang turut hadir sebagai pembicara utama, mengungkapkan bahwa pengadilan elektronik merupakan langkah maju dalam menuju peradilan yang lebih modern, transparan, dan akuntabel. “Sebagai bagian dari reformasi birokrasi, kami ingin memastikan bahwa setiap warga negara memiliki akses yang lebih mudah terhadap keadilan, tanpa terbatas oleh ruang dan waktu,” jelasnya.

Sebagai bagian dari agenda acara, para peserta juga berkesempatan untuk meninjau beberapa studi kasus yang berhasil diselesaikan melalui sistem elektronik. Evaluasi dari kasus-kasus tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan bagi daerah lain untuk mengimplementasikan hal yang sama dengan lebih baik.

Acara ini ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada beberapa pengadilan yang dinilai berhasil dalam penerapan penyelesaian perkara elektronik, sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya-upaya inovatif yang telah dilakukan dalam meningkatkan layanan peradilan di Indonesia.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Pengadilan Agama Bantaeng dan seluruh pengadilan di Sulawesi Selatan semakin siap untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi dalam dunia peradilan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (Tim IT PA Bantaeng)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam. Lorem ipsum dolor sit amet.

Visit Us

  • 2477 Briercliff Road, New York 10001
  • +1 212-203-7540
  • Support@Okawarisushi.com

OPENING HOURS

  • Monday - Friday:
  • 11:00AM - 3:00PM
  • 4:30PM - 10:00PM
  • Saturday - Sunday:
  • 4:30PM - 10:00PM

Join The club

Get updates on special events and receive your first drink on us!

admin web Customer service Email FAQ