Copyright 2019 © Pengadilan Agama Bantaeng | Dev & Mod by Tim TI Pengadilan Agama Bantaeng

RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI 9 APLIKASI UNGGULAN BADILAG

Kategori: BERITA Ditayangkan: Jumat, 01 November 2019
Kamis, tanggal 30 Oktober 2019 pukul 09.00 Wita bertempat di Ruang Sidang utama Pengadilan Agama Bantaeng, telah dilaksanakan rapat koordinasi yang mengagendakan persiapan surveillance APM dan monitoring evaluasi pelaksaan tugas serta sosialisasi dan implementasi 9 aplikasi inovasi ditjen badilag. Rapat yang dihadiri oleh hakim, jajaran kepaniteraan dan kesekretariatan serta honorer Pengadilan Agama Bantaeng ini dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Bantaeng, Ruslan Saleh, S.Ag., MH didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Bantaeng Laila Syahidan, S.Ag., M.H. serta notulen Syarifudin, S.E
rapat_1.jpg
 
Di awal sambutannya Ketua kembali mengingatkan kepada seluruh aparatur Pengadilan Agama Bantaeng untuk tetap mempertahankan kedisiplinan yang dinilainya sudah cukup baik dan terus meningkatkan kinerja dengan mengoptimalkan aplikasi SIPP dan aplikasi-aplikasi lainnya dalam pelaksanaan tugas.  Di era teknologi sekarang ini  semua SDM dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan teknologi sebab bila tidak maka akan tergilas pada arus perubahan itu sendiri.
 
Selanjutnya wakil ketua menyampaikan hasil sosialisasi 9 aplikasi inovasi ditjen badilag yang dilaksanakan di PTA Makassar tanggal 15 Oktober 2019. Kesembilan aplikasi tersebut adalah
  1. Aplikasi Antrean Sidang
  2. Aplikasi Informasi Produk dan Perkara
  3. Aplikasi Notifikasi Perkara
  4. Aplikasi Data Kemiskinan
  5. Aplikasi e-Eksaminasi
  6. Aplikasi PNBP Fungsional
  7. Aplikasi E-Register
  8. Aplikasi E-Keuangan Perkara
  9. Aplikasi Command Center
Kesembilan aplikasi unggulan Ditjen Badilag  baru saja diluncurkan oleh Dirjen Badilag pada tanggal 18 September 2019. Semua aplikasi ini menggunakan SIPP sebagai basis data utama. Oleh karena itu wakil ketua berharap seluruh elemen satkernya dapat bekerjasama dan mengoptimalkan penerapan SIPP dengan secara aktif mengisi data SIPP secara akurat dan  tepat waktu.
Dalam kesempatan yang sama  wakil ketua selaku ketua APM juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat tim assessor eksternal akan datang untuk mengadakan surveillance tentang implementasi APM yang telah dilaksanakan oleh satker. Oleh karena itu beliau menghimbau kepada segenap aparatur Pengadilan Agama Bantaeng untuk mempersiapkan diri menghadapi surveillance pertama ini, menyiapkan segala dokumen APM yang dibutuhkan dan senantiasa menjaga kekompakan dan komitmen bersama agar predikat A excellent yang telah diraih tahun 2018 lalu tetap dapat dipertahankan.
rapat_2.jpg
         Tim Assesor Internal Bapak Hakim M. Kamaruddin, Amri, S.H. juga menambahkan bahwa semua pejabat harus mempersiapkan diri dalam menghadapi assessor eksternal karena nanti akan diperiksa secara acak siapa saja yang akan diwawancarai dan beliau meminta agar semua dokumen eviden sudah disusun berdasarkan panduan yang telah diberikan.
 
Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai permasalahan atau kendala-kendala yang ditemukan oleh jajaran kepaniteraaan dan kesekretariatan dalam pelaksanaan tugas serta solusi dan tindak lanjutnya agar tidak menjadi hambatan  dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan. Rapat berjalan lancar dan berakhir pukul 11.30 Wita.