Copyright 2019 © Pengadilan Agama Bantaeng | Dev & Mod by Tim TI Pengadilan Agama Bantaeng

SOSIALISASI E-LITIGASI DAN DISKUSI HUKUM PTA SULAWESI SELATAN

Kategori: BERITA Ditayangkan: Senin, 25 November 2019
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 
Kamis, 21 Nopember 2019- Bertempat di Aula Pertemuan Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Selatan dilaksanakan Sosialisasi e-Litigasi yang diikuti seluruh satker dalam wilayah Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Selatan termasuk Pengadilan Agama Bantaeng yang diwakili oleh Ketua Pengadilan Agama Bantaeng dan Wakil Ketua bersama Panitera Pengadilan Agama Bantaeng dan Admin IT, kegiatan tersebut berlangsung tepat pukul 09.00 WITA dan dibuka langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Selatan yang sekaligus bertindak sebagai pemberi materi sosialisasi e-litigasi dalam lingkup Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Selatan.
b_690_327_16777215_00_https___www.pa-bantaeng.go.id_images_fotoberita_sosialisasi_elitigasi_Penjelasan_WKPA_elitigasi.jpegalam pemaparannya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Selatan Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H., menjelaskan bahwa keberadaan e-litigasi adalah sebuah keharusan yang mutlak dan sangat mendesak seiring perkembangan Tekhnologi dan Informasi dan mewajibkan seluruh aparat Peradilan untuk ikut andil dan memahami konsep dan penerapan e-litigasi dalam dunia peradilan, Pengadilan Agama harus tampil terdepan dalam penerapan e litigasi tersebut sehingga kemudian muncul akronim "sebelum terbit fajar Ayam sudah berkokok, sebelum 2020 e-litigasi di Peradilan Agama sudah siap dan telah diterapkan.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sumber daya manusia yang handal dan memahami tekhnis dan aturan dalam e-litigasi sehingga pada prakteknya kedepan tidak menimbulkan kebingungan dan memperkecil kesalahan karena ketidak mengertian(human of error) dan tentunya dukungan infra struktur terutama perangkat keras dan Lunak(Hardware dan Software) yang membantu kelancaran program e-litigasi tersebut.

E-litigasi ini sendiri sangat memudahkan proses dalam penyelesaian perkara yang kemudian kedepannya penyelesaian perkara secara digital ini akan diterapkan menyeluruh di seluruh wilayah Republik Indonesia, disamping memangkas waktu proses penyelesaian perkara di lain sisi sangat membantu para pencari keadilan tanpa harus lagi datang langsung ke Pengadilan mendaftarkan perkaranya dan dapat mengikuti proses persidangan secara digital di tempatnya.

E-litigasi adalah merupakan satu kesatuan dengan E-court yang terlebih dahulu telah dilaunching dan diterapkan yang terdiri dari e-filling yakni proses Pendaftaran sebagai Pengguna dan mendaftarkan gugatan maupun permohonannya, e-payment yakni proses pembayaran perkara secara digital/online serta e-summons yakni proses pemanggilan pihak berperkara secara digital oleh petugas Jurusita/jurusita Pengganti Pengadilan, sementara e-Litigasi sendiri merupakan proses persidangan secara digital termasuk memungkinkannya pemeriksaan Materiel tanpa kehadiran di dalam persidangan(menggunakan konsep Teleconference).
b_640_327_16777215_00_https___www.pa-bantaeng.go.id_images_fotoberita_sosialisasi_elitigasi_Penjelasan_tim_development.jpeg
Pada kesempatan tersebut dilaksanakan praktek penggunaan e-litigasi oleh Sarkowi, S.H.,M.H. koordinator Admin SIPP PTA Sulawesi Selatan dan Komaruddin, S.Kom, salah satu anggota team Development Badilag Mahkamah Agung RI. Dalam pemeparannya dipraktekkan proses pendaftaran perkara dengan menggunakan Akun Pengguna lainnya(non Advokat) dimulai proses pendaftaran Akun, Pendaftaran gugatan/permohonan termasuk proses upload dokumen, Pembuatan Berita Acara Pemanggilan digital dan Proses persidangan termasuk kemungkinan pemeriksaan alat bukti Materiel diluar kahadiran dalam ruang sidang(menggunakan konsep Teleconference) di jelaskan secara rinci termasuk proses pembuatan Berita Acara Sidang dan upload putusan.

Diskusi Hukum.
b_681_323_16777215_00_https___www.pa-bantaeng.go.id_images_fotoberita_sosialisasi_elitigasi_pembukaaan_elitigasi.jpeg

Keesokan harinya tepatnya Jumat, 22 Nopember 2019 dilaksanakan Diskusi Hukum yang diikuti Ketua serta Ketua Majelis setiap satker termasuk oleh Ketua dan Wakil Ketua  serta Panitera  Pengadilan Agama Bantaeng yang membahas permasalahan pelaksaan Eksekusi Perkara yang telah Incraaht. dan materi diskusi Hukum tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Selatan Dr. H. Imron Rosyadi, S.H., M.H dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai pelaksanaan Eksekusi di masing-masing satker. Diskusi Hukum ini sangat bermanfaat karena menambah wawasan para hakim dalam menerapkan penyelesaian perkara yang ditanganinya kedepan.
Dilihat: 16